• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Susunan Daftar Istilah Migas

 on Mar 22, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Derrickman
Anggota regu kerja yang tugasnya di menara bor bagian atas pada waktu rangkaian pipa (bor/selubung) dicabut atau dimasukkan ke sumur.

DERV (diesel engine road vehicle) fuel
Jenis bahan bakar minyak untuk mesin diesel putaran tinggi.

Desalting
Pengambilan garam mineral (terutama garam klorida) dari minyak bumi.

Desander
Alat dalam sistem sirkulasi fluida pengeboran yang berfungsi sebagai pembuang pasir; bekerja dengan prinsip memisahkan pasir dengan gaya sentrifugal di dalam suatu siklon tempat fluida berputar.

Desorptio
Proses penyingkiran bahan terjerap dari bahan penjerap (kebalikan dari proses penjerapan); juga digunakan untuk kebalikan proses penyerapan.

Destructive distillation

Proses penyulingan senyawaan organik pada suhu tinggi yang dapat menguraikan senyawaan itu.

Desulfurization
penyingkiran belerang atau senyawaan belerang dari bahan baku proses.

Detergent
Zat pembersih yang cair atau padat.

Detergent additive
Senyawaan kimia yang, jika dicampurdengan minyak lumas, manjaga agarhasil oksidasi dari bahan bakar danpelumas yang padat dan setengahpadat tetap dalam suspensi; mencegahpembentukan endapan yang dapatmenyebabkan melengketnya cicintorak.

Detergent oil
Minyak lumas yang digunakan dalam beberapa motor bakar, yang mempunyai sifat-sifat dapat menahan partikel-partikel lumpur dalam suspensi sehingga dengan demikian menunjang kebersihan mesin; biasanya karena minyak ini dibubuhi aditif tertentu.

Detergent, synthetic
Bahan yang mempunyai daya pembersih seperti sabun tetapi bukan berasal dari asam lemak; digunakan dalam cairan pembersih dan serbuk pembersih, juga sebagai aditif minyak lumas.

Susunan Daftar Istilah Migas 4.5 5 hendra Mar 22, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Derrickman Anggota regu kerja yang tugasnya di menara bor bagian atas pada...


No comments:

Post a Comment

J-Theme