• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Arti Singkatan dalam Industri Perminyakan

 on Mar 1, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Obligation Well

Sumur yang dibor sebagai bagian dari proses untuk mendapatkan suatu konsesi.

Oceanic Crust
Lapisan batuan basalt yang tebalnya lebih kurang lima kilometer yang melandasi lapisan sedimen di dasar laut.

Octane Distribution
Sebaran angka oktana di sepanjang trayek didih bensin.

Octane Number
Angka yang menunjukkan nilai antiketuk relatif bensin dan kecenderungan bahan bakar cair itu untuk berdetonasi; ditunjukkan oleh persentase volume iso oktana dalam campurannya dengan normal heptana yang mengakibatkan intensitas ketukan yang sama dalam kondisi uji pada mesin penguji CFR F1/F2 yang dibakukan.

Octane Quality
Ukuran mutu bahan bakar untuk motor berbusi dalam kaitannya dengan kecenderungan menimbulkan ketukan; dinyatakan dengan sedikitnya dua parameter oktana, yaitu angka oktana riset, dan angka oktana motor.

Octane Requirement
Kualitas oktana yang dibutuhkan oleh suatu populasi kendaraan bermotor agar bebas dari ketukan dalam kondisi operasi normal maupun berat.

Octane Requirement (of a vehicle )
Kualitas oktana yang harus dipunyai bahan bakar agar dapat digunakan dalam kendaraan tanpa menimbulkan ketukan mesin pada kondisi operasi normal dan dibakukan.

Octane Requirement Increase (ORI)
Kebutuhan akan bahan bakar dengan angka oktana yang lebih tinggi setelah kendaraan dipakai beberapa ribu kilometer karena adanya endapan di dalam ruang bakar motor. kenaikan kebutuhan angka oktana motor (KKAOM)

Off Production
Sumur yang dalam keadaan ditutup atau tidak dapat berproduksi untuk sementara waktu. jeda produksi

Offset Well
Sumur yang dibor di areal tanah yang berdampingan dengan areal sumur penghasil, pada jarak tertentu sehingga tidak terjadi pengaliran minyak antara kedua areal itu.

Offshore Drilling
Pengeboran yang dilakukan di laut atau di danau besar.

Offshore Platform
Bangunan tetap di lepas pantai, tempat melaksanakan berbagai kegiatan perminyakan.

Offshore survey
Penyelidikan geofisika dan geokimia bersistem, dalam rangka pencarian sumber daya hidrokarbon di lepas pantai.

Oil
Cairan kental yang tidak larut dalam air yang meliputi jenis minyak mineral, minyak nabati minyak hewani, dan minyak atsiri.

Oil and Gas Separator
Bejana untuk memisah-misahkan gas, dari cairan yang keluar dari sumur, dengan menurunkan tekanan secara bertahap untuk memperkecil hilangnya komponen minyak yang bertitik didih rendah.

Oil Base Mud
Lumpur pengeboran dengan padatan lempung yang teraduk didalam minyak yang dicampur dengan satu sampai dengan lima persen air.

Oil Breakout
Minyak yang mengambang di permukaan fluida pengeboran; bisa berasal dari minyak yang teramulsi di dalam fluida pengeboran atau dari formasi yang mengandung minyak yang tertembus pahat bor.

Oil Catcher
Bak penampung berlapis beton, yang dirancang untuk menahan minyak yang terbawa oleh aliran air limbah.

Arti Singkatan dalam Industri Perminyakan 4.5 5 hendra Mar 1, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Obligation Well Sumur yang dibor sebagai bagian dari proses untuk mendapat...


No comments:

Post a Comment

J-Theme