• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Kamus Istilah Perminyakan dan Gas Alam

 on Mar 22, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Density
Berat zat setiap satuan volume; contohnya, kerapatan lumpur pengeboran dapat dinyatakan sebagai 10 paun (lb) per galon atau 75 paun per kaki kubik.

Deoiling
Pengurangan jumlah minyak cair yang terkandung di dalam lilin padat melalui proses pemanasan perlahan-lahan sehingga menetes keluar seakan-akan «berkeringat» atau dapat juga dengan penggunaan pelarut yang cocok (lihat juga: sweating)

Depentanizer
Kolom fraksionasi untuk menyingkirkan pentana dan fraksi yang lebih ringan dari campuran hidrokarbon.

Depletion allowance
Pengurangan pajak bagi produsen mineral sebagai kompensasi atas habisnya modal yang tak terkembalikan.

Depositional sequence
Runtunan sedimen yang saling berkaitan secara genetik, terbentuk pada suatu masa pengendapan, dan dibatasi oleh bidang-bidang ketakselarasan atau bidang-bidang terusan keselarasan korelatifnya. (lihat juga: correlative conformity)

Depropanization
Distilasi untuk memisahkan propana dan komponen lain yang lebih ringan dari fraksi C4 dan yang lebih berat.

Depropanizer
Kolom praksionasi pada instalasi bensin alam yang memisahkan propana dan komponen lain yang lebih ringan dari fraksi C4 dan yang lebih berat lewat bagian atas kolom.

Depthometer
Peranti yang bekerja berdasarkan prinsip gelombang bunyi yang dipantulkan dan digunakan untuk menentukan permukaan statik cairan dalam sumur, yaitu jarak permukaan itu dari permukaan tanah (atas).

Deresining, solvent
Lihat:solvent deasphalting

Derrick
Bangunan konstruksi baja yang dibangun di tapak sumur dengan tujuan menyangga posisi katrol, sebagai penahan rangkaian pipa bor, dan untuk pemasangan pipa selubung atau pipa sembur.

Derrick floor

Pelataran kerja tempat awak pengeboran melakukan pekerjaan cabut-masuk dan penyambungan pipa.

Kamus Istilah Perminyakan dan Gas Alam 4.5 5 hendra Mar 22, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Density Berat zat setiap satuan volume; contohnya, kerapatan lumpur pengeb...


No comments:

Post a Comment

J-Theme