• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Migas Certification

 on Mar 28, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Channel point
Suhu rendah di bawah titik tuang yang menyebabkan minyak lumas mulai mengeras sedemikian rupa sehingga permukaannya tidak bertaut lagi bila digores dengan jari.

Channel process
Proses pembuatan jelaga dengan membakar umpan dan mengendapkan jelaga yang terbentuk pada susunan balok besi kanal.

Channeling
Aliran fluida yang tidak terdistribusi secara merata malalui unggun katalis, yang mengakibatkan sebagian fluida tidak bersentuhan dengan katalis.

Characterization factor
Faktor yang menunjukkan karakter kearomatisan/keparafinisan fraksi minyak bumi yang dihitung dari akar pangkat-tiga titik-didih molal rata-rata TB dalam derajat Rankin (derajat F + 460) dibagi dengan berat jenis fraksi itu; berkisar dari 10.0 untuk fraksi yang sangat aromatis sampai 12.5 untuk fraksi yang parafinis; disebut juga faktor K faktor UOP, atau faktor Watson.

Characterization factor
Indek mutu minyak bumi yang memberi gambaran tentang risio karbon hidrogen; dihitung sebagai akar pangkat tiga titik didih rata-rata dalam derajat Rankine dibagi dengan berat jenis.

Characterization factor
Nilai hasil hitung yang biasa digunakan sebagai parameter mengkorelasi sifatsifat fisika/kimia minyak bumi atau hasil olahannya (Lihat: K factor)

Chassis dynamoter
Alat pengukur beban dan daya poros motor pada roda pendorong, dengan kendaraan dalam keadaan diam, tetapi pada kondisi kecepatan dan beban yang menirukan keadaan yang berlaku di jalan.

Cheater
Lihat: nipple

Check valve
Katup otomatik yang membuat zat cair mengalir ke satu arah dan akan menutup bila zat cair mengalir ke arah yang berlawanan.

Cheese box still
Tangki pemasak vertikal tipe kuno yang bagian atasnya berkubah.

Chemical Octane Number (Angka Oktana Kimiawi):
Peningkatan angka oktana sebagai hasil proses pengolahan di kilang ataupun pembubuhan bahan peningkat angka oktana seperti timbel tetraetil.

Chemical oxygen demand
Banyaknya oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi zat organik dan anorganik di dalam air limbah. (lihat juga: biological oxygen demand)

Chemical treatment
Penambahan senyawaan kimia (seperti soda kaustik, pengencer, atau pengental) ke dalam fluida pengeboran untuk mendapatkan sifat-sifat fluida pengeboran yang diinginkan.

Chemisorption
Adsorpsi molekul-molekul ke permukaan oleh gaya valensi yang serupa dengan gaya yang mengikat atom-atom di dalam molekul.

Migas Certification 4.5 5 hendra Mar 28, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Channel point Suhu rendah di bawah titik tuang yang menyebabkan minyak lum...


No comments:

Post a Comment

J-Theme