• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Migas Alentejanas

 on Mar 28, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Cementing materials (n)
Bubur semen yang terdiri atas campuran semen portland dan air, yang dibubuhi berbagai aditif sehingga mempunyai sifat-sifat yang sesuai dengan tujuan penggunaannya.

Cementing of wells
Lihat : casing cementing

Cenozoic
Masa utama yang ketiga dalam skala waktu geologi, yaitu sesudah Paleozoikum dan Mesozoikum, kirakira 70 juta tahun yang lalu.

Centipoise (cp)
Satuan viskositas yang sama dengan 0,01 poise; 1 poise setara dengan 1 dyne detik/cm2. (Lihat Juga: poise)

Ceresin
Lilin keras dan rapuh yang diperoleh dari pemurnian ozokerit (lihat juga: ozokerite)

Cetane Index(Indeks Setana):
Perkiraan angka setana berdasarkan hubungan empirisnya dengan parameter-parameter densiti dan volatilitas (suhu-suhu uji distilasi).

Cetane Number (Angka Setana):
Angka ukuran kualitas pembakaran bahan bakar solar yang menunjukkan mudah tidaknya bahan bakar tersebut menyala jika disemprotkan ke dalam ruang bakar motor diesel.

Cetane number improver
Bahan yang dibubuhkan pada bahan bakar diesel untuk meningkatkan angka setana, misalnya berbagai nitro alkana, nitrat, nitro karbonat dan peroksida.

CFPP
Lihat: cold filter plugging point

CFR
Panitia (komite) yang beranggotakan tenaga ahli teknik pengilangan, pembuat motor, konsumen minyak,juga tenaga ahli teknik dari universitas dan pemerintah Amerika Serikat yang mengawasi pengujian dan penelitian bahan bakar motor untuk Coordinating Research Council (CRC) secara terkoordinasi. (lihat juga: CRC methof)

CFR engine
Lihat: Cooperative Fuels Research engine)

CFR research test method
Lihat: research method

Chain stopper
Bahan yang menghentikan reaksi berantai antara oksigen dan hidrokarbon untuk menghalangi pembentukan asam dan lumpur yang terjadi karena oksidasi.

Chain tongs
Alat untuk memutar pipa atau tampuk pipa yang sukar diputar dengan kunci biasa.

Migas Alentejanas 4.5 5 hendra Mar 28, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Cementing materials (n) Bubur semen yang terdiri atas campuran semen portl...


No comments:

Post a Comment

J-Theme