• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Kamus Istilah Minyak Bumi dan Gas Alam

 on Mar 22, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Cutback
Pencampuran minyak berat dengan minyak yang lebih ringan agar minyak berat tersebut memenuhi spesifikasi yang diinginkan.

Cutback asphalt
Aspal yang dicairkan dengan penambahan zat cair yang mudah menguap, seperti naftah atau koresin; menjadi padat kembali bila terbuka ke udara karena zat cairnya menguap.

Cutting
Kepingan batuan yang terjadi karena gerusan mata bor pada batuan formasi pada waktu pengeboran.

Cutting fluid

Cairan yang umumnya berupa emulsi minyak dalam air atau minyak bubut tanpa aditif yang digunakan dalam operasi pemotongan logam untuk melumasi dan mendinginkan mata perkakas dan juga untuk membersihkan bahan yang dikerjakan dari serpihan logam.

Cutting oil
Jenis hasil pengilangan minyak bumi atau minyak hewani yang dipergunakan dalam proses pembubutan logam; kadang-kadang mengandung aditif seperti senyawaan belerang, klor atau fosfor.

Compressed natural gas (CNG):

gas bumi yang dimampatkan dalam bejana baja pada tekanan tinggi, tanpa pencairan gas, sehingga dapat di transportasikan tanpa pipa, dan dapat dimanfaatkan terutama untuk kendaraan bermotor.

Cycle time, drilling fluid
Waktu yang diperlukan untuk memompakan lumpur pengeboran dari bak lumpur ke dasar lubang bor dan kembali ke bak lumpur.

Cyclohexane
C6H12, zat cair tanpa warna, digunakan sebagai pelarut untuk turunan selulosa, lilin, resin karet, dan salut permukaan, zat antara dalam pembuatan nilon.

Cycloversion (desulfurization)

Proses pengawabelerangan nafta dengan reformasi sedang; dikomersilkan oleh Phillips.

Cylinder oil
Minyak kental yang digunakan untuk pelumasan silinder dan katup mesin uap.

Cylinder stock
Minyak lumas residu berwarna tua yang sangat kental dan yang digunakan sebagai bahan dasar untuk minyak lumas silinder mesin uap.

Kamus Istilah Minyak Bumi dan Gas Alam 4.5 5 hendra Mar 22, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Cutback Pencampuran minyak berat dengan minyak yang lebih ringan agar miny...


No comments:

Post a Comment

J-Theme