• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Kamus Istilah Migas

 on Mar 22, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

D and a (drill and abandon)
Sumur yang setelah dibor langsung ditinggalkan untuk selamanya. (lihat juga : abandoned well)

Damper
Peranti pengatur aliran gas bakar melalui lubang-lubang tungku. 

Dangerous atmosphere
Udara yang mengandung gas atau uap dengan konsentrasi yang mudah tersulut. (lihat juga: toxic atmosphere).

Danian system
Sistem batuan yang terbentuk pada zaman Tertier di Denmark dan kawasan sekitarnya; dilapangan Ekofisk (Laut Utara) mengandung minyak.

Darcy
Satuan ukuran permeabilitas suatu batuan yang meluluskan cairan yang viskositasnya 1 sentipoise pada beda tekanan 1 atmosfer per sentimeter dengan kecepatan 1 sentimeter per detik.

Darcy’s law
Hubungan matematis antara benyaknya fluida yang keluar dari reservoir, permeabilitas batuan reservoir, kemiringan reservoir, dan luas penampang reservoir; sangat penting untuk perhitungan aliran fluida dalam media berpori, misalnya minyak di ddalam reservoir. (lihat juga: darcy)

Dark smoke
Asap yang tingkat kehitamannya 2 skala Rangelmann atau lebih.

Data buoy
Stasiun hidrografis tidak berawak yang dapat mengukur dan mengirimkan data suhu dan tekanan udara, arah dan kecepatan angin, suhu dan salinitas air, kecepatan suara dalam air, arah dan kecepatan arus, dan radiasi matahari.

Data logger
Peranti pencatat kondisi suatu tempat sebagai fungsi dari ruang dan waktu; digunakan bila banyak parameter yang perlu diukur, dihitung, dianalisis, atau ditayangkan, misalnya tekanan, suhu, laju alir, kecepatan, kerapatan, komposis.

Datum
Referensi hipotesis yang umum dipakai untuk interpretasi data geofisika atau data pemboran sumur, misalnya permukaan laut.

Deactivation
Penurunan aktivitas katalis karena bagian aktif partikelnya tertutup oleh pengotor, atau karena perubahan struktur partikel katalis itu.

Dead line
Kabel bor dari kumpulan kerek puncak ke penambat.

Dead man
Jangkar yang tertanam dan berfungsi sebagai penambat labrang untuk memperkuat tegaknya menara pengebor.

Kamus Istilah Migas 4.5 5 hendra Mar 22, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) D and a (drill and abandon) Sumur yang setelah dibor langsung ditinggalkan...


No comments:

Post a Comment

J-Theme