• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian Istilah-Istilah Perminyakan

 on Mar 23, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Convension

Perubahan distribusi titik didih umpan sesudah melalui pengolahan; biasanya menjadi fraksi-fraksi yang bertitik didih lebih rendah.

Conventional gas
Gas yang diproduksi dengan teknologi yang ada pada biaya tidak lebih tinggi daripada harga pasar.

Conventional process
Proses pengolahan minyak bumi berdasarkan pemisahan secara fisika, misalnya destilasi, ekstraksi, absorpsi dan lain-lain.

Conversion process

Proses pengolahan minyak bumi berdasarkan perubahan secara kimia misalnya perengkahan, polimerisasi, hidrogenasi, isomerasasi dan lain-lain.

Cooler
Alat pengalih panas yang terutama berfungsi untuk menurunkan suhu salah satu fluida yang melawati alat tersebut.

Cooperative Fuel Research Engine

Mesin yang bersilinder tunggal, dengan katup atas, dan rasio kompresi yang dapat diubah-ubah, digunakan untuk mengukur angka oktan bensin atau angka oktan solar.

Coordinating Lubricant And Equipment Research Committee
Kelompok yang didirikan pada tahun 1950 oleh CRC (Coordinating Research Council) di Amerika Serikat untuk meneliti pengujian minyak motor agar dapat diteapkan metode pengujian yang tepat.

Coorperative Fuel Research

Panitia (komite) yang beranggotakan tenaga ahli teknik pengilangan, pembuat motor, konsumen minyak, juga tenaga ahli teknik dari universitas dan Pemerintah Amerika Serikat yang mengawasi pengujian dan penelitian bahan bakar motor untuk Coordinating Research Council (CRC) secara terkoordinasi.

Copolymer
Hasil penggabungan dua molekul atau lebih yang berbeda untuk membentuk molekul tanggal; contohnya adalah Buna S yaitu hasil penggabungan butediena dengan stirena.

Copolymerization
Reaksi penggabungan dua atau lebih molekul yang berbeda untuk membentuk molekul tunggal yang disebut kopolimer yang mengandung unsur-unsur yang sama dan dengan perbandingan dan struktur yang sama pula seperti dalam molekul-molekul asalnya. (lihat juga : polimerization)

Copper disk gum

Kandungan getah dalam bensin dinyatakan dalam miligram per 100 ml bensin, yang didapatkan apabila bensin diuapkan pada kondisi terkontrol di dalam pinggan tembaga licin; menunjukkan kadar getah potensial di dalam bensin.

Copper number
Kandungan sulfur merkaptan dalam bensin dinyatakan malam miligram per 100 ml percontoh.

Copper strip corrosion (test)
Metode kualitatif untuk menentukan sifat korosi suatu produk dengan mengukur efek korosi itu terhadap lempengan kecil tembaga mengkilap yang dicelupkan ke dalam produk itu.

Pengertian Istilah-Istilah Perminyakan 4.5 5 hendra Mar 23, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Convension Perubahan distribusi titik didih umpan sesudah melalui pengolah...


No comments:

Post a Comment

J-Theme