• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Gas And Oil Plant: Kamus Defenisi Migas

 on Mar 15, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Drill pipe clamp
Kalung jepit untuk memegang pipa bor supaya tidak terjatuh (sewaktu cabut masuk)

Drill pipe cutter
Alat untuk pemotong pipa yang terjepit di dalam lubang sumur agar potongan pipa dapat ditarik kepermukaan.

Drill stem
Lihat: drill string

Drill stem test (DST)
Metode uji untuk menentukan kandungan formasi yang dapat diproduksikan dari suatu lapisan; dilakukan di dalam lubang berpipsa selubung ataupun terbuka.

Drill string
Rangkaian yang terdiri atas soket putar, pipa bor, penyambung pipa, pipa kemudi/leher bor dan pahat bor; bersambung dengan kepala putar di dalam menara bor dan diputar oleh meja putar.

Drilled solid
Padatan formasi yang masuk ke dalam sistem lumpur pengeboran, baik serbuk yang dihasilkan oleh pahat maupun padatan yang berasal dari dinding lubang sumur. (Lihat Juga: cutting)

Drilled solids removal system
Semua peralatan dan proses yang digunakan dalam pengeboran sumur untuk menyingkirkan padatan yang berasal dari dalam sumur dan terbawa oleh lumpur pengeboran (misalnya, pengendapan, pengayakan, penyingkiran pasir, penyingkiran lanau, sentrifugasi; dan pembuangan.

Driller
Kepala kelompok pekerja bor yang mengambil semua keputusan dan memberikan instruksi dalam melaksanakan kegiatan pengeboran.

Driller’s report
Catatan yang harus selalu berada di lokasi pengeboran, yang diisi oleh juru bor selama giliran tugas, yang menunjukkan kedalaman yang dibor, pemeriksaan lumpur pengeboran, catatan pahat, serta semua kejadian penting lainnya.

Drilling
Kegiatan pembuatan lubang sumur dengan alat bor untuk mencari, mengeluarkan, atau memasukkan fluida formasi.

Drilling block
Sebidang tanah atau lebih yang berdampingan yang luasnya dinilai cukup untuk secara ekonomis melakukan pengeboran sumur taruhan.

Drilling cable
Lihat : drilling line

Drilling crew
Regu kerja yang terdiri atas juru bor, pekerja atas dan beberapa pembantu untuk melaksanakan operasi pengeboran atau kerja ulang.

Drilling fluid
Lihat: drilling mud

Gas And Oil Plant: Kamus Defenisi Migas 4.5 5 hendra Mar 15, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Drill pipe clamp Kalung jepit untuk memegang pipa bor supaya tidak terj...


No comments:

Post a Comment

J-Theme