• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Kejuruteraan Petroleum

 on Mar 28, 2016  

Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam)

Casing hanger
Penyangga siku yang terpasang di dalam kepala sumur, di bawah cerobong pencegah semburan liar, untuk menyangkutkan rangkaian selubung.

Casing head
Perangkai tetap yang dipasang atau dilas di bagian atas sumur; berfungsi sebagai tempat kedudukan silang sembur, juga dapat merupakan saluran keluar untuk gas ikutan.

Casing head gas
Gas yang terlarut dan dihasilkan bersama-sama dengan minyak bumi dari instalasi perminyakan.

Casing head gasoline
Hidrokarbon cair yang dipisahkan dari gas ikutan.

Casing mill
Perkakas untuk meratakan pipa selubung.

Casing pressure
Tekanan gas yang terdapat di antara pipa selubung dan pipa produksi.

Casing protectors
Penutup pendek yang berulir yang dipasangkan pada ujung pipa selubung untuk melindungi ulir pipa tersebut dari kerusakan dan pengotoran.

Casing shoe
Alat dari baja, pendek dan berat, permukaan dalam silindris berbentuk kerucut terpancung di bagian luar, yang ditempatkan pada ujung rangkaian pipa selubung; dipakai sebagai alat bantu untuk memudahkan masuknya pipa selubung ke dalam lubang sumur dan mencegah aliran balik semen.

Casing spear
Alat pemancing bermata tombak yang diturunkan ke dalam selubung dan mencengkeramnya dari dalam agar selubung itu dapat diangkat dari lubang sumur; biasanya dilakukan setelah selubung itu dipotong dengan pemotong selubung.

Casing string
Keseluruhan pipa selubung yang masing-masing dibuat dengan panjang kira-kira 30 kaki dan disambung satu sama lain pada waktu dimasukkan ke dalam sumur.

Casing swage
Benda padat silindris yang runcing bagian bawahnya dan pada bagian atasnya terpasang penyambung yang dapat dihubungkan dengan penyentak, digunakan untuk memperbaiki selubung yang penyok karena runtuhan.

Casing tong
Kunci pipa besar yang gunanya untuk mengencangkan atau membuka pipa selubung.

Cast
Lihat : bloom

Kejuruteraan Petroleum 4.5 5 hendra Mar 28, 2016 Daftar Istilah Perminyakan / Migas (Minyak Bumi dan Gas Alam) Casing hanger Penyangga siku yang terpasang di dalam kepala sumur, di bawa...


1 comment:

  1. saya ingin berbagi dengan siapa pun di sini yang mencari pinjaman untuk bisnis atau pinjaman pribadi untuk menghubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com karena mr pedro dan perusahaan pinjamannya adalah semua yang saya percaya ketika datang ke solusi situasi keuangan jadi saya merekomendasikan ada yang mencari bantuan keuangan untuk menghubungi mr pedro dengan pinjaman 2 tingkat pengembalian tahunan, sekarang? Anda mengerti mengapa saya akan memilih pedro dengan perusahaan pinjamannya 100 keuangan asli.

    ReplyDelete

J-Theme